Tantangan Multidimensi dalam Pembelajaran IPS Berbasis Teknologi Informasi di Indonesia
Oleh : Putri najwa Diana Manzil
Perkembangan
teknologi informasi (TI) memiliki peran penting dalam dunia pendidikan saat ini
Kegiatan pendidikan membutuhkan persiapan yang sistematis dan fokus pada
inovasi proses. Guru perlu mengembangkan keterampilan digital dalam menghadapi
tantangan teknologi informasi yang terus berkembang untuk mendukung proses
belajar mengajar. Permasalahannya adalah masih banyak guru masih menggunakan
metode pengajaran yang berpusat pada guru dalam pembelajaran ilmu pengetahuan
sosial. Mereka menggunakan cara tradisional daripada menggunakan kemajuan TI.
Guru
meminta siswa untuk mengingat fakta atau konsep daripada berdiskusi atau
bekerja sama dengan orang lain selama pembelajaran ilmu pengetahuan sosial . Tingkat kesulitan siswa dalam memahami materi
ilmu pengetahuan sosial relatif tinggi karena tidak ada contoh konkret yang
diberikan oleh guru, padahal guru diharapkan dapat menerapkan strategi
pembelajaran yang berpusat pada siswa dan integrasi serta membangun kemandirian
belajar siswa. Mobile learning merupakan
salah satu inovasi dan solusi yang mendukung pembelajaran berbasis IT.
Media
pembelajaran, seperti video stop motion dan e-learning, dapat meningkatkan
kemampuan dan keterampilan siswa. Media pembelajaran ini diharapkan dapat
mendukung proses pembelajaran. Sebelum penelitian ini, kami melakukan survei
terhadap 257 guru yang mengikuti program sertifikasi guru yang mengikuti
program sertifikasi guru di Universitas kami. Survei tersebut menunjukkan bahwa
88,3% (n = 227) responden percaya bahwa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial
membutuhkan lebih banyak perhatian lebih pada keterlibatan TI daripada mata
pelajaran sains.
Pemanfaatan
TI dalam dunia pendidikan diyakini sebagai salah satu solusi yang efektif melalui
media digital, proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial menjadi menarik,
meningkatkan keterampilan siswa, dan lebih menarik. Pendidikan ilmu sosial di
Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Ia mengelompokkan tiga mata pelajaran
utama (Sejarah, Ekonomi, dan Geografi) sebagai materi yang integratif. Namun,
penelitian – penilitian sebelumnya hanya menjelaskan kelayakan media, efektivitas,
dan keuntungan penggunaan media pembelajaran berbasis TI dan belum menjelaskan apa
saja yang menjadi tantangan dalam pembelajaran IPS berbasis TI, terlebih lagi
dalam konteks Indonesia. Akan tetapi, penerapan Informasi pembelajaran Berbasis
Teknologi (ITBL) bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tantangan yang harus
dihadapi dengan hati-hati.
Komentar
Posting Komentar